SPBE Summit 2024: Kemenkumham Dinobatkan sebagai Kementerian Terbaik dalam Digitalisasi Layanan

    SPBE Summit 2024: Kemenkumham Dinobatkan sebagai Kementerian Terbaik dalam Digitalisasi Layanan

    Jakarta - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali menerima Digital Government Award pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham meraih predikat terbaik dalam penerapan SPBE untuk kategori Kementerian.

    Penghargaan ini diberikan kepada Kemenkumham atas implementasi SPBE selama tahun 2023. Pengumuman penghargaan tersebut dilakukan dalam SPBE Summit 2024 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Senin (27/05/2024).

    Ini adalah kali kedua Kemenkumham mendapatkan penghargaan serupa, setelah sebelumnya menerima penghargaan pada SPBE Summit 2023.

    Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, menyatakan bahwa Kemenkumham telah menerapkan layanan publik berbasis digital untuk memudahkan akses masyarakat terhadap berbagai pelayanan yang tersedia.

    Ia menjelaskan bahwa saat ini terdapat berbagai layanan digital yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti aplikasi paspor, pendaftaran dan pencatatan kekayaan intelektual, konsultasi hukum, pengaduan HAM, layanan administrasi hukum umum, hingga layanan pemasyarakatan.

    "Masyarakat kini lebih mudah mengakses layanan di Kemenkumham. Layanan tidak lagi terbatas di kantor, tetapi bisa diakses dari mana saja dengan handphone dan internet, " ujar Andap.

    Andap menambahkan, ada delapan aspek SPBE yang terus ditingkatkan oleh Kemenkumham, yaitu kualitas kebijakan internal, perencanaan strategis, sistem TIK, inovasi dan aplikasi, manajemen SPBE, audit TIK, layanan publik elektronik, dan layanan administrasi pemerintahan elektronik.

    Indeks SPBE Kemenkumham menunjukkan tren peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 2019, indeksnya berada di 3, 18 dari nilai maksimal 5. Pada 2021, meningkat menjadi 3, 68. Terbaru, pada GDA 2024, Kemenkumham memperoleh indeks 4, 21 dengan predikat "Memuaskan". Kemenkumham juga mencapai nilai maksimum 5, 00 pada aspek layanan publik berbasis elektronik dan layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik.

    "Teknologi digital terus berkembang, dan Kemenkumham berkomitmen untuk terus meningkatkan berbagai aspek layanan digital agar masyarakat semakin nyaman dan percaya terhadap layanan Kemenkumham, " kata Andap.

    Ia menambahkan bahwa keberhasilan Kemenkumham dalam meraih penghargaan DGA dua tahun berturut-turut tidak lepas dari komitmen pimpinan, terutama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly, serta kolaborasi antar unit kerja. Andap berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas SPBE di Kemenkumham.

    "Keberhasilan Kemenkumham dalam meraih penghargaan DGA dua tahun berturut-turut berkat komitmen pimpinan, terutama Menkumham, dan kolaborasi semua unit kerja untuk meningkatkan kepuasan layanan publik melalui optimalisasi SPBE sehingga layanan Kemenkumham lebih cepat, mudah diakses, dan transparan, " jelas Andap.

    Sebagai informasi, DGA merupakan bentuk apresiasi dari KemenPAN RB kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) yang telah menerapkan SPBE. Pada 2024, DGA diberikan kepada 65 dari 621 IPPD.

    #kemenkumhamri #kumhamsemakinpasti #pemasyarakatan
    Rizal Afif Kurniawan.

    Rizal Afif Kurniawan.

    Artikel Sebelumnya

    Perketat Keamanan, Barang Masuk Lapas Cilacap...

    Artikel Berikutnya

    Monitoring dan Evaluasi, Kasi Admin Kamtib...

    Berita terkait

    Hadiri Penutupan Magang Satriya Sancaya Karyadhika, Kalapas Pasir Putih Ucapkan Selamat dan Terimakasih Kepada Para Taruna Poltekip LV
    Pantai Komando Menjadi Saksi Penutupan Khidmat Kegiatan Satriya Sancaya Karya Dhika Taruna Wreda Poltekip Angkatan 55
    Kepala BPSDM Pimpin Langsung Upacara Penutupan Kegiatan Satriya Sancaya Karya Dhika Taruna Wreda Poltekip Tingkat IV Angkatan 55
    Penyerahan Sertifikat Halal Dapur Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kemenag RI Resmi Dilaksanakan
    Cegah Judol Lapas Pasir Putih Gelar Pengecekan Handphone Seluruh Petugas dan PPNPN
    ⁠Evaluasi Rencana Kerja Tahunan RB: Lapas Karanganyar Nusakambangan Terlibat Aktif
    Intip Keseruan Petugas Panen Raya Sayur-Mayur di Beranggang Lapas Besi
    Pelayanan Maksimal pada LAJU LAYAR yang merupakan salah satu Inovasi Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan
    Optimalisasi Lahan Kosong oleh Tim Giatja Lapas Karanganyar Sebagai Bagian dari Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional
    Perjalanan Panjang CPNS Kemenkumham Jawa Tengah di Nusakambangan Semangat Juang Mengikuti Longmarch
    Klien Pemasyarakatan Ingin Ke Luar Negeri, Berikut Penjelasannya
    Tingkatkan Kualitas Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, Kemenkumham Jateng Hadiri Rakernis Ditjen PP
    Idul Fitri Kurang Lengkap Tanpa Rangkaian Ucapan Maaf dari Rupbasan Cilacap
    Apel Pagi Pegawai Bapas Nusakambangan
    Pengelola Keuangan Rupbasan Cilacap Ikuti Edukasi Perpajakan Mengenai Refreshment Kewajiban Bendahara Instansi Pemerintah Secara Virtual

    Rekomendasi berita

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Hendri Kampai: Revolusi Penulisan Rilis Berita dengan Bantuan Artificial Intelligence (AI)
    Agus Flores, Sang Komando Media yang Mampu Menggerakkan 1000 Media dalam Hitungan Menit
    Kegiatan Pelatihan Kader Kesehatan Tahap II Lapas Permisan